Naguib Mahfouz

naq_mahfouzAktris seksi Salma Hayek pd 1995 pernah bermain di film drama Midaq Alley, versi Spanyol berjudul El callejón de los milagros. Film ini diadaptasi dr novel Lorong Midaq (Zuqāq al-Midaq) karya sastrawan Mesir Naguib Mahfouz, lahir di Kairo 11 Desember 1911. Pada tanggal 13 Oktober 1988, Akademi Sastra Internasional menobatkan Mahfouz sebagai penerima Nobel di bidang sastra. Hal ini merupakan momen penting pengakuan dunia internasional terhadap karya sastra Arab. Anugrah Nobel ini mengangkat karya-karya sastra dari negara Timur Tengah untuk tampil dalam skala dunia. Hingga kini, Mahfouz masih menjadi satu-satunya penerima Nobel sastra dari Timur Tengah. Malam penobatan Nobel ini tidak dihadiri oleh Mahfouz dan ia diwakilkan oleh Dr. Muhammad Salmawi.

Karya –karya Mahfouz selalu mengangkat tema sosial politik, karenanya ia sering mendapat teror. Puncaknya saat tulisan berseri dengan judul Aulad Haratina dimuat di koran setempat, Mahfouz dikecam bahkan dianggap telah menghina Islam dan dianggap murtad. Tragedi percobaan pembunuhan dirinya terjadi pada Oktober 1994, saat itu Ia berusia 83 tahun. Ia ditikam di leher dengan sebuah pisau oleh seorang pemuda dari kelompok Islam garis keras Jamaah Islamiyah. Mahfouz bertahan hidup.

Juli 2006, ia mengalami kecelakaan di kepala karena terjatuh dan ia menderita sakit hingga hari ia wafat, 30 Agustus 2006 di Cairo Hospital.

Dilihat (2) Pengunjung

Lahir di Tasikmalaya, 18 Februari 1981. Anak ke-3 dari empat bersaudara. Kini tinggal di Ciromed, Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *